Selasa, 15 Maret 2016

Jacheon Forest

Jacheon Forest, Hutan Yang Berumur Ratusan Tahun

Keberadaan hutan selalu memberikan manfaat bagi wilayah dimana hutan itu berdiri. Manfaat pertama dari hutan adalah untuk menjaga kelestarian alam sekaligus sebagai salah satu penyangga paru-paru dunia. Manfaat lainnya – tentu saja –sebagai destinasi wisata yang menarik. Seperti halnya Jacheon Forest yang terletak di Yeongcheon-si, Gyeongsangbuk-do.
Secara historis hutan ini disebut dengan Orijangnim namun kini orang lebih banyak mengenal dengan nama Jacheon Forest. Nama Orijangnim berasal dari sebuah kisah. Konon katanya sebelum dibangun jalan besar di kawasan ini terdapat hutan yang sangat lebat dan membentang sejauh o-ri (lima ri atau 1963 meter). Hutan yang berada di kawasan Jecheon ini kemudian terbelah menjadi dua bagian karena dibanggunnya sebuah jalan nasional.
Sekitar 400 tahun lalu, ketika hutan ini pertama kali diciptakan, setiap tahunnya penduduk desa mengadakan ritual pada tengah malam di setiap tanggal 15 Januari tahun lunar. Ritual itu dimaksudkan untuk membayar upeti kepada nenek moyang mereka sehingga kedamaian dan keamanan desa terjamin.
Jacheon Forest menjadi rumah bagi lebih dari 10 jenis pohon. Menariknya, beberapa diantara pohon-pohon itu ditanam dalam pot. Pada musim panas, angin sejuk sering berhembus kawasan ini membuat pepohonan di hutan Jecheon begerak kesana kemari memberikan udara yang sejuk bagi desa sekitar.
Mengunjungi hutan Jecheon, kita akan melihat sedikitnya 12 jenis pohon terdiri dari 9 species. Diantara pohon-pohon ini ada 231 pohon berdaun lebar seperti pohon gingko, willow, oak, zelkova dan beberapa jenis lainnya. Tidak hanya itu, Jecheon Forest juga ditumbuhi pohon-pohon pinus dan cedar. Rata-rata usia pohon yang ada di hutan ini sekitar 20 hingga 350 tahun dengan tinggi 6 hingga 24 meter.
Jadi Anda bisa bayangkan, berwisata di Jecheon Forest akan sangat menyenangkan. Pohonannya rimbun, udaranya sejuk plus tempatnya yang tidak terlalu jauh dari jalan raya memudahkan kita untuk mencapainya.
Anda hanya perlu naik bus dari Terminal Bus Ekspress di Seoul menuju Yeongcheon yang berangkat setiap pukul 08.30, 13.30 dan 18.30. Lama perjalanannya sekitar 4 jam. Sesampainya di Terminal Yengcheon Anda harus naik bus lagi menuju Jacheon yang jadwal keberangkatannya meliputi pukul 06.45, 08.45, 13.40, 16.40 dan 19.20. Lama perjalanan menuju Jecheon Forest sekitar 1 jam.
Selama berlibur di kawasan Yeongcheon-si, Anda bisa menginap di hotel terdekat yang berada di Daegu seperti Daegu Grand Hotel, Crystal Hotel dan Hotel Inter-Burgo EXCO.
Destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di Korea Selatan adalah Seoul Forest, Palgongsan dan  Daegu Arboretum yang ada di kawasan Daegu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar